Senin, 25 Juni 2012

Ditemukan Batuan Bersudut di Gunung Padang

Batu Bergaris, temuan di Situs Megalitikum Gunung Padang
Tim arkeologi masih melakukan ekskavasi di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat, hari ini, Minggu 24 Juni 2012. Ekskavasi dilakukan di dua titik di kawasan timur situs peninggalan peradaban Megalitik dari 2.500 tahun silam.

Ekskavasi dilakukan dengan membandingkan data-data georadar dan geolistrik yang dilakukan ahli geologi.

Pertama, tim membuka kotak ekskavasi sejajar dengan teras pertama, sekitar 50 meter ke bawah. Tim melakukan ekskavasi dengan membuka kotak gali seluas 2x2 meter, dengan kedalaman lebih dari 1 meter.
Kedua, ekskavasi dilakukan sejajar dengan teras ketiga, masih di bagian timur, dengan kotak gali 2x2 meter, dan kedalaman kurang dari 1 meter. Di tebing kotak ekskavasi kedua, struktur batuan lebih padat, sehingga tim agak mengalami kesulitan.

Sementara itu, tim geologi terus melakukan pemindaian geolistrik dan georadar ke arah bagian selatan, sejajar teras lima. Ditemukan beberapa batuan bersudut yang mempunyai bentukan dan ini buatan manusia dengan konstruksi melengkung.

Tim sedang mencoba menyusun batuan bersudut yang ditemukan. Susunan berdasarkan bentuk dan guratan seperti dikatakan Taqyuddin, seorang pakar geografi yang dilibatkan oleh arkelog dalam tim peneliti mandiri Gunung Padang. (art)

FOTO-FOTO TERKAIT

Bentuk batuan yang ditemukan di Gunung Padang ini menampilkan struktur balok-balok batu segi empat, segi lima dan segi enam yang tertata rapi.  
Bentuk batuan yang ditemukan di Gunung Padang ini menampilkan struktur balok-balok batu segi empat, segi lima dan segi enam yang tertata rapi.
Tumpukan batuan yang tersusun rapi ini terletak di Gunung Padang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar